Our Blog

Memunculkan Jiwa Kewirausahaan





Memunculkan Jiwa Kewirausahaan  -   Perkembangan dunia semakin hari semakin tinggi saja, terutama di segala bidang usaha. Bahkan dengan adanya penggalakan dari pemerintahan yang sedang berkonsentrasi ke arah penumbuhan wirausaha-wirausaha baru di dunia bisnis. Tentu memang ada pro dan kontra didalamnya, tetapi kita coba lihat sisi positifnya, beberapa orang menjadi sudah merasakan berwirausaha.
Lalu apakah anda termasuk sebagai orang yang difasilitasi untuk berkembang ? oleh pemerintahan? Ya? Atau Tidak?

Seorang wirausaha murni itu tidak tergantung pada orang lain, bahkan pada masalah dana sekalipun. Ia sangat anti terhadap bantuan-bantuan yang membuatnya terlena. Tetapi kalau semisal anda termasuk dalam kategori orang wirausaha yang tumbuh karena di bantu pemerintah, Juga tidak masalah. Tetapi ingat, jangan sampai anda mempunyai ketergantungan terhadapnya. Ada tidak adanya bantuan, bukan hala yang bermasalah bagi seorang wirausaha camkan itu.
Hal ini mengawali beberapa postingan selanjutnya, sebelum lebih jauh, anda harus tau karakter seorang bos wirausaha yang sesungguhnya.
Salah jika Kewirausahaan atau entrepreneurship terhalang oleh tidak adanya dana, tetapi kewirausahaan atau entrepreneurship itu adalah bagaimana mengambil keputusan dan keberanian untuk memilih.Fathkhurrahman – Entrepreneurship
Memang jiwa entrepreneurship/kewirausahaan itu memang langka dimiliki seseorang, berdasarkan riset saya, Banyak orang sudah di berikan banyak pelajaran wirausaha, tetapi hasilnya adalah nol, Percuma.  Tetapi ada juga orang yang tidak pernah mendapatkan pelajaran wirausaha, dapat menjadi bos besar sebagai wirausaha teladan. Ada juga orang baru jadi wirausaha karena adanya suntikan dana. Ada seorang wirausaha yang memulai usahanya dari nol tanpa bantuan orang lain sedikitpun. Tinggal anda termasuk sebagai karakter yang mana? Ingat! Kalau anda belum mempunyai jiwa wirausaha, jangan sekali-kali menyentuh yang namanya entrepreneurship/wirausaha. Karena bila nanti dalam usaha anda mempunyai banyak permasalahan yang mengakibatkan usaha anda bangrut bahkan minus, maka anda akan merasa sangat tertekan. Tetapi ketika anda mempunyai yang namanya Jiwa Wirausaha, maka anda akan menjadi  Seorang wirausaha yang kuat, walaupun dengan resiko bangrut atau minus, anda tetap akan mencari jalan keluarnya dan andapun tidak akan pernah tertekan.

Lalu bagaimana sih menumbuhkan yang namanya Jiwa wirausaha? Ya pasti anda tau sebuah bakat yang tidak alamiah itu tidak akan muncul begitu saja, Harus banyak belajar dan mempraktekkan, Studi Riset mengatakan bahwa orang yang memulai belajar dan mempraktekkan Kewirausahaan sejak dini, dan  mengalami lika-liku usaha. Akan menjadi seorang wirausaha yang tahan banting dan lebih banyak yang menjadi sukses lebih muda.
Lalu bagaimana yang baru menyentuh wirausaha itu sudah berumur? Nah tidak perlu risau/sedih...hehe, karena wirausaha itu merupakan sebuah proses, anda tahu proses kan?
Ya Proses dimana anda harus melewati sebuah fase lika-liku usaha. Diantaranya ada Pengambilan keputusan, Kebingungan, Kegagalan, Was-was, Ketakutan, Kesenangan dan masih banyak lagi ketika anda sudah mulai terjun kesana.
Maka kembali lagi ke Proses
Entrepreneurship = Proses
Jiwa Entrepreneurship Tumbuh karena Proses!

Pernahkah anda melihat bayi? Anda tahu, bayi itu belum bisa melakukan apa-apa. Bahkan Matanyapun masih terpejam. Hanya bisa mendengarkan dan merengek.
Anda pasti juga tau, ketika bayi itu lahir, pasti orang tua terutama ayahnya mengumandangkan adzan di telinganya? Benar bukan? Sehingga InsyaAllah bayi itu akan menjadi Anak yang sholeh maupun sholehah. Tetapi coba bayangkan bila bayi yang baru lahir di perdengarkan lagu rock atau lagu-lagu maksiat! Maka sungguh nantinya akan menjadi anak yang tidak baik juga.
Lalu coba anda juga lihat proses seorang bayi yang belum bisa apa-apa, dapat sedikit demi sedikit bisa membuka matanya, merangkak dan berbicara. Itu karena mereka dilatih, tanpa dilatih/berlatih, maka mereka tidak akan bisa melakukannya. Dan itu merupakan hal yang wajar dan sudah menjadi hukum Alam.

Sehingga Perbanyaklah belajar dan mempraktekkan untuk mengarungi sebuah proses menumbuhkan Jiwa Wirausaha.

“Maka bohong seseorang dapat Tumbuh sebagai wirausaha, tanpa proses!” Fathkhurrahman – Entrepreneurship

Maka untuk menutup posting kali ini, Sebelum anda belajar wirausaha, yakinkan dulu pada diri anda “Mau atau Tidak, kalau mau ya mau dan sebaliknya kalau tidak ya  tidak” Jangan memaksakan kehendak, karena jadinya akan tidak baik.
Camkan itu!

Dibuat pada hari Jum’at, 26 Oktober 2012  Bertepatan dengan hari Idul Adha dan LaunchingPasar Sambilan

Blog Pasar Sambilan Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.